Pages

Tuesday, December 10, 2013

ARTIKEL ISLAM ( Doa agar dimudahkan segala urusan )



Doa agar dimudahkan segala urusan
Hidup tak selamanya menyenangkan, terkadang kita menemukan masalah dan mau tidak mau harus bisa menyelesaikannya. Sebagai manusia, kita biasanya merencanakan hal-hal yang ingin kita dapatkan, namun terkadang kita lupa bahwa yang menentukan segalanya hanyalah Allah SWT sebagai Tuhan kita yang Maha Berkendak.
Meskipun segala sesuatunya sudah ditetapkan oleh Allah, bukan berarti kita hanya bisa diam dan menerima segalanya dengan pasrah. Ingatlah bahwa nasib masih bisa kita rubah, asalkan kita mau berusaha untuk merubahnya dan sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang mau berusaha.
Tak cukup sampai disitu, biasanya jika Allah begitu menyayangi hamba-Nya, maka Allah terkadang memberikan sedikit ujian saat kita sedang melakukan suatu usaha. Allah ingin melihat sesabar apa kita bisa menanggulanginya dan selihai apa kita bisa melewatinya.
Agar dimudahkan dalam segala urusan, kita diharapkan untuk selalu memohon ampunan pada Allah atas segala kesalahan dan perbuatan yang telah kita lakukan. Kita juga bisa mengamalkan beberapa doa misalnya dengan membaca doa berikut ini:
??????? ????????? ???? ????? ????????? ???????? ???????? ???? ?????? ????????
yang artinya: “Wahai Tuhan kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami (ini). (Q.S. Al-Kahfi : 10)
Selain doa tersebut, dari Anas bin Malik, Rasulullah SAW selalu membaca doa ini agar dimudahkan dalam segala urusan:
??????? ?????? ????? ???????? ???????? ???????? ??????? ?????????? ??? ?????? ?????? ??? ??????????
yang artinya: “Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan Engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah.”
Dari hadist diatas, kita bisa menarik kesimpulan bahwa:
  1. Kemudahan selalu dan hanya datang dari Allah.
  2. Hendaknya selalu menggantungkan hati hanya pada Allah karena diri sendiri adalah makhluk yang lemah di hadapan Allah.
  3. Setiap manusia selalu mempunyai kehendak, namun diatas semua itu, Allah-lah yang memiliki kehendak atas segala-galanya.
  4. Memiliki iman kepada takdir Ilahi.


0 comments:

Post a Comment