KARYA ILMIYAH
PENGARUH JEJARING SOSIAL BAGI PELAJAR
Untuk memenuhi tugas Sastra Indonesia
Disusun oleh:
IX F
Imas Matsny Mardiah
SMP NEGERI 1
PANUMBANGAN
Tahun Ajaran
2012-2013
Jln.Raya Panumbangan no.163 No
Telp(0265)455
Lembar Pengesahan
PENGARUH JEJARING
SOSIAL BAGI PELAJAR
Tahun 2012/2013
Disusun Oleh:
Imas Matsny Mardiah
NIS.10117150
Wali
Kelas,
Guru
Bahasa Indonesia
Dra. Nina Sumarlina
S,Pd
Ocid
Rosyid S,Pd
NIP.19660808 199203 2 009
NIP.196507251987 03 1006
Kepala Sekolah,
Drs. Sumardi.M,Pd
NIP.19590506 198109 1 001
i
KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis
panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat, taufik dan
hidayat-nya, sehingga karya tulis ilmiahyang bertema “Pengaruh Jejaring
sosial bagi pelajar” ini dapat diselesaikan tepat pada waktunya.
Karya Tulis ilmiah
ini disusun untuk memenuhi salah satu tugas Pengantar Bahasa Indonesia .Penulis
juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada:
1.Bapak Ocid
Rosyid S,pd. , guru Mata pelajaran Bahasa Indonesia selaku pembimbing yang
memberi arahan dalam menyusun makalah ini.
2. Ayah dan Ibu
tercinta atas doa dan dorongan morilnya.
3. Teman-teman dan segenap pihak yang tidak dapat penulis sebutkan satu
persatu.
Tidak ada suatu apapun yang sempurna di dunia, demikian juga
kiranya karya tulis ini, tentu masih banyak kekurangannya serta masih jauh
dari sempurna. Oleh karena itu penulis mengharapkan kritik dan saran dari
pembaca.
Akhirnya mudah-mudahan karya tulis ini bermanfaat bagi siswa-siswi,
khususnya kelas 9.
Panumbangan,2013
Penulis
ii
DAFTAR ISI
Lembar Pengesahan…..........................................................................................................................i
Kata Pengantar….................................................................................................................................ii
Daftar isi…...........................................................................................................................................iii
1.BAB I
PENDAHULUAN….....................................................................................................1
1.1Latar
belakang….................................................................................................................1
1.2Rumusan masalah…...........................................................................................................1
1.3.Tujuan…..............................................................................................................................1
1.4Metode Penulisan…............................................................................................................1
1.5 Sistematika Penulisan........................................................................................................1
1.2Rumusan masalah…...........................................................................................................1
1.3.Tujuan…..............................................................................................................................1
1.4Metode Penulisan…............................................................................................................1
1.5 Sistematika Penulisan........................................................................................................1
2. BAB II
PEMBAHASAN…........................................................................................................2
2.1
Isi..........................................................................................................................................2
3.
BAB III
PENUTUP…................................................................................................................4
3.1
Kesimpulan….....................................................................................................................4
3.2
Saran….....................................................................…........................................................4
Daftar Pusaka.........................................................................................................................................5
iii
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Dengan hadirnya internet yang merupakan alattercanggih saat ini.internet
yang sering digunakan pelajar saat ini,terutama jejaring sosial .Karena dengan
menggunakan jejaring sosial pelajar dapat dengan mudah berkomunikasi jarak
dekat maupun jarak jauh.
Perkembangan tekhnologi yang semakin modern
dan canggih ini memberikan manfaat bagi pelajar ,tapi di sisi lain juga dapat
menimbulkan dampak negatif ,khususnya bagi pelajar Informasi dan komunikasi
yang terdapat dalam jejaring sosial bermanfaat untuk pengembangan ilmu
pengetahuan ,tapi ada juga yang dapat merusak mental kalangan pelajar.
Dengan adanya jejaring sosial yang dapat
mempengaruhi sisi baik dan sisi buruk dari pengguna jejaring sosial dikalangan
pelajar .Maka dapat menarik perhatian saya melakukan penelitian
sekaligus menganalisis dampak positif dan dampak negatif jejaring sosial bagi
pelajar.
1.2 Rumusan Masalah
Dari rincian latar belakang tadi dapat dirumuskan permasalahan dalam
pernyataan sebagaiberikut:
1.Apa itu internet dan jejaring sosial?
1.Apa itu internet dan jejaring sosial?
2.Bagaimana pengaruh jejaring sosial terhadap pelajar ?
3.Apa dampak positif dan negatif jejaring sosial bagi pelajar ?
1.3 Tujuan
Tujuan
penulisan karya ilmiah ini antara lain sebagai berikut :
1.Untuk mengetahui apa itu internet dan jejaring sosial
2.Untuk mengetahui bagaimana pengaruh jejaring sosial terhadap pelajar
3.Untuk mengetahui apa dampak positif dan negatif jejaring sosial bagi
pelajar .
1.4 Metode Penulisan
Metode
penulisan yang di gunakan dalam karya ilmiah ini yaitu dengan melihat
faktanya,dan sumber dari internet.
1.2 Sistematika Penulisan
2.
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
1.2 Rumusan Masalah
1.3 Tujuan
1.4 Metode Penulisan
1.5 Sistematika Penulisan
3.
BAB II PEMBAHASAN
3.2 Isi
4.
BAB
III PENUTUPAN
3.1 Kesimpulan
3.2 Saran
1
BAB II
PEMBAHASAN
Internet dan perkembangannya,Internet sendiri berasal dari kata
International Networking, yang maksudnya adalah dua komputer atau lebih yang
saling berhubungan kemudian membentuk jaringan komputer hingga meliputi jutaan
komputer di dunia (internasional), yang saling berinteraksi dan juga saling
bertukar informasi.
internet adalah sarana yang sangat efektif dan efesien untuk melakukan
pertukaran informasi jarak jauh maupun jarak dekat, seperti di dalam lingkungan
perkantoran, tempat pendidikan, atapun instansi terkait.
Bertambahnya jumlah pengguna akses internet tersebut memang sangat wajar
sekali.
Saat ini internet bukan hanya digunakan sebagai sarana komunikasi atau pun
sarana mencari informasi saja, tetapi jugabanyak di gunakan sebagai
sarana untuk jejaring social l seperti e-mail dan facebook serta kini
digunakan untuk bisnis mencari uang. Harga tarif akses internet pun saat ini juga
telah lebih murah jika dibandingkan dengan beberapa tahun yang lalu. Terutama
untuk kalangan pelajar saat ini banyak sekali yang mengguakan jejaring social
.Bahkan dengan adanya jejaring social itu lah yang membuat menunurunnya minat
belajar siswa, karena sudak banyak korban yang kecanduan menggunakan Jejarinng
social
Jejaring sosial adalah suatu struktur sosial yang
dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang
dijalin dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai, visi, ide, teman, keturunan, dll.
Analisis jaringan jejaring sosial memandang hubungan sosial
sebagai simpul dan ikatan. Simpul adalah aktor
individu di dalam jaringan, sedangkan ikatan adalah hubungan antar aktor
tersebut. Bisa terdapat banyak jenis ikatan antar simpul. Penelitian dalam
berbagai bidang akademik telah menunjukkan bahwa jaringan jejaring sosial
beroperasi pada banyak tingkatan, mulai dari keluarga hingga negara, dan memegang peranan penting dalam
menentukan cara memecahkan masalah, menjalankan organisasi, serta derajat keberhasilan
seorang individu dalam mencapai tujuannya.
Dalam bentuk yang paling sederhana, suatu jaringan jejaring
sosial adalah peta semua ikatan yang relevan antar simpul yang dikaji. Jaringan
tersebut dapat pula digunakan untuk menentukan modal sosial aktor
individu. Konsep ini sering digambarkan dalam diagram jaringan sosial yang
mewujudkan simpul sebagai titik dan ikatan sebagai garis penghubungnya.
Pengaruh
Jejaring SosialTerhadap Remaja :
v
(Dampak
Positif Jejaring Sosial )
· Tak jarang juga
dikarekanakan jejaring sosial muncul bahasa bahasa baru seperticius, miapah,
cungguh, enelan, dan lain sebagainya yang tidak ada didalam kamus bahasa
Indonesia. Jejaring sosial saat ini banyak sekali diikuti oleh para
remaja. Banyak sekali orang mengatakan bahwa jika tidak membuat akun atau tidak
mempunyai akun jejaring sosial seperti facebook ataupun twitter kampungan atau
biasa yang disebut kamseupay. Dan jejaring sosial dapat membuat orang exist
atau populer, hal ini dapat dilihat di jumlah teman atau followersnya.
·
Pengaruhnya semakin meningkat dengan perkembangan zaman
smartphone seperti Blackberry dan Iphone, remaja semakin mudah mengakses situs
situs jejaring sosial Tak jarang jejaring sosial menjadi tempat utama untuk
curhat
2
·
ataupun tempat ajang menyindir.Orang yang tidak populer
di dunia nyata dapat populer di kalangan jejaring sosial karena mungkin sering
mengupdate status dan lain- lain. Seseorang akan merasa ia populer dan tidak
ingin berteman dengan orang yang tidak popular. Pengaruhnya juga dapat kita
lihat tentang teman, semakin tinggi tingkat kepopulerannya semakin banyak yang
mengenalnya.
·
Menghindari Stress,Sarana promosi, Menyalurkan hobi
menulis,Tempat curhat (galau), Berbagi Informasi,Bertemu teman lama,Dapat
memiliki banyak teman,.
·
Anak dan remaja dapat belajar mengembangkan ketrampilan
teknis dan sosial yang sangat dibutuhkan di era digital seperti sekarang ini.
Mereka akan belajar beradaptasi, bersosialisasi dengan publik dan mengelola
jaringan pertemanan.
· Memperluas jaringan
pertemanan. Berkat situs jejaring sosial ini anak menjadi lebih mudah berteman
dengan orang lain di seluruh dunia. Meskipun sebagian
besar diantaranya tidak pernah mereka temui secara langsung.
·
Anak dan remaja akan termotivasi untuk belajar
mengembangkan diri melalui teman-teman yang mereka jumpai secara online, karena
mereka berinteraksi dan menerima umpan balik satu sama lain.
-Situs jejaring sosial membuat anak dan remaja menjadi lebih bersahabat, perhatian dan empati. Misalnya memberikan perhatian saat ada teman mereka berulang tahun, mengomentari foto, video dan status teman mereka, menjaga hubungan persahabatan meski tidak dapat bertemu secara fisik.
-Situs jejaring sosial membuat anak dan remaja menjadi lebih bersahabat, perhatian dan empati. Misalnya memberikan perhatian saat ada teman mereka berulang tahun, mengomentari foto, video dan status teman mereka, menjaga hubungan persahabatan meski tidak dapat bertemu secara fisik.
v . (Dampak negatif Jejaring Sosial)
·
Lupa beribada
·
Sering terjadinya penipuan Rawan
·
terjadinya perselisihan ataupun kesalah pahaman
(menyindir)
· Mudah menemukan hal
pornografi
· Tersebarnya data
pribadi
· Kurangnya perhatian
untuk keluarga
·
Berkurangnya waktu belajar
·
Menganggu kesehatan mata
·
Menghamburkan uang dan pulsa
·
Kurangnya sosialisasi dengan lingkungan Tidak peduli
dengan sekitarnya
· Anak dan remaja menjadi malas belajar berkomunikasi di dunia nyata. Tingkat
pemahaman bahasapun menjadi terganggu. Jika anak terlalu banyak berkomunikasi
di dunia maya
· Situs jejaring sosial akan membuat anak dan remaja lebih mementingkan diri
sendiri. Mereka menjadi tidak sadar akan lingkungan di sekitar mereka, karena
kebanyakan menghabiskan waktu di internet. Hal ini dapat mengakibatkan menjadi
kurang berempati di dunia nyata.
Bagi anak dan remaja, tidak ada aturan ejaan dan tata bahasa di situs jejaring sosial. Hal ini membuat mereka semakin sulit untuk membedakan antara berkomunikasi di situs jejaring sosial dan di dunia nyata.
Bagi anak dan remaja, tidak ada aturan ejaan dan tata bahasa di situs jejaring sosial. Hal ini membuat mereka semakin sulit untuk membedakan antara berkomunikasi di situs jejaring sosial dan di dunia nyata.
· Situs jejaring sosial adalah lahan yang subur bagi predator untuk melakukan
3
kejahatan. Kita tidak akan pernah tahu apakah seseorang yang baru kita
dikenal anak kita di internet menggunakan jati diri yang sesungguhnya atau
tidak.
v ( Upaya Mengatasi Bahaya Jejaring Sosial)
Membatasi membuka jejaring sosial sebisa mungkin Harus mengetahui fungsi
jejaring sosial yang digunakan Menghargai orang lain, jangan menyindir atau
menjelekkan orang lain di jejaring sosial Harus pandai mengatur waktu, kapan
waktu belajar dan kapan waktu bersenang-senang.
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Dari pembahasan di atas , dapat simpulkan bahwa Internet memberikan manfaat
yang begitu besar bagi pelajar tetapi di lain pihak internet menjadi suatu
media informasi yang tidak mudah untukdi batasi.
Jadi jelas dampak dari internet dapat ditentukan oleh pengguna itu sendiri.
Teruslah berjuang
untuk menggapai cita-cita Jangan menganggap diri sempurna dan populer ketika
followers ataupun teman anda di jejaring sosial, jangan membeda bedakan manusia
Meskipun sudah ada dunia maya jangan hanya terfokus akan dunia maya lihatlah
dunia sekitar dan jangan lupa bersosialisasi. Jejaring sosial juga dapat
menyebabkan manusia lupa beribadah dikarenakan itu kita harus pandai membagi
waktu antara dunia maya dan dunia nyata. Jejaring sosial juga dapat
membahayakan kesehatan manusia terutama mata dan dapat membahayakan tubuh
seperti lupa makan ataupun lainnya. Kesimpulan yang dapat kita tarik adalah
jejaring sosial memiliki banyak manfaat tetapi tak bisa dipungkiri jejaring sosial
juga memiliki berbagai macam bahaya dan konsekuensi lainnya seperti banyak
siswa dan siswi membuka situs jejaring sosial pada saat jam pelajaran.
B.
Saran
·
Lebih meningkatkan iman dan ketakwaan masing-masing.
· Harus ada kesadaran
dari semua pihak.
· Orang tua memberikan
pengawasan yang lebih saat anak sedang menggunakan internet.
·
Harus lebih bijaksana dalam menggunakan internet
·
Hindari situs-situs yang tidak layak dilihat oleh pelajar
·
Jangan pernah berikan informasi pribadi kepada orang
asing.
·
Sebaiknya orangtua selalu mengawasi, menasehati, serta
mendampingi anaknya mengenali karakteristik layanan teknologi informasi yang
digunakan. Jangan hanya selalu memberikan fasilitas pada anak tanpa adanya
pengawasan. Perhatian orangtua sangat dibutuhkan oleh seorang anak. Jangan
sampai seorang anak terjerumus hanya karena kurangnya perhatian dari
orangtuanya
http://matsny.blogspot.com
0 comments:
Post a Comment